Mobile Apps Consultant, Business Analyst, and Strategic Planner on Crocodic – Jakarta – Semarang – PT. Taman Media Indonesia

Update CV Lamaran Pekerjaan Anda sekarang juga

Dalam sebuah proses lamaran pekerjaan, menjadi sebuah keharusan untuk membuat CV yang bagus, lengkap dan informatif, agar memiliki “nilai jual” dan memiliki value lebih dibandingkan dengan yang lain.

Bagaimanapun juga dokumen CV merupakan “entry point” masuk ke perusahaan atau pekerjaan yang kita idam-idamkan atau kita impikan, dari CV lah HRD perusahaan dapat menilai siapa-siapa saja yang akan dipanggil untuk lanjut ke tahapan selanjutnya.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut berikut Saya rangkum beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV untuk lamaran pekerjaan.

  1. Jika lamaran dkirimkan melalui email maka perhatikan kolom isian Subjek pada email harus dituliskan dengan jelas dan sesuai yang di minta (jika ada), subjek email pantang untuk kosong
  2. Usahakan alamat email yang digunakan untuk mengirim lamaran kerja sesuai nama asli (jangan menggunakan email alay, bila perlu buat email baru)
  3. Jangan mengirim CV saja, tanpa surat lamaran / kata pengantar (apply posisi apa dst)
  4. Jangan kirim dokumen yang tidak diminta
  5. Usahakan menggunakan foto formal
  6. Usahakan ukuran file attachment tidak besar (kalau bisa di bawah 1 MB atau di sesuaikan dengan permintaan perusahaan
  7. Perhatikan juga penulisan nama file pada attachment, tulis nama file sesuai dengan isi dokumen.
  8. Ukuran font jangan terlalu kecil atau terlalu besar, perhatikan juga huruf besar kecilnya.
  9. Usahakan CV maks 2 halaman, jika ada lampiran, bisa di buat dalam file terpisah.
  10. Jelaskan deskripsi keahlian dan pengalaman kerja (mulai dari tahun terakhir bekerja) di CV.
  11. Tulis skill yang spesifik. misal ada lowongan utk admin, scr skill udah otomatis harus menguasai ms office (word, excel, dan semacamnya, sry sebut merk), jd harusnya di CV ga perlu ditulis “menguasai ms. word, menguasai ms. excel”. Skill tersebut memang wajib dikuasai oleh seorang admin, jadi ga perlu ditulis itu memang “fitur wajib”. Satu lagi contoh, misal ada loker web engineer, di cv dtulis “menguasai pemrograman HTML, PHP, CSS”, itu kan emang harus dikuasi utk jd web engineer, jd ga perlu di tulis, itu udah “fitur wajib”.
  12. Tulis bidang yang dikuasi atau skill yang dikuasai relevan dengan bidang yang dilamar serta spesifik. Perusahaan sekarang tidak memerlukan orang yang bisa segala hal / bidang tp memerlukan orang-orang spesialis. perusahaan sekarang akan mengambil 1 orang yangg bisa satu bidang daripada bisa segala hal, misal engneer web ya yang akan diaambil orang-orang yg mudeng web, ga perlu paham desain, klo dia fokus artinya orang itu menguasai web dari A – Z.
  13. Tulis pengalaman hanya yang relevan dengan bidang yang dilamar. contoh lamaran untuk android dev, ya cukup masukin pengalaman2 ttg android dev, misal pernah ikut seminar google IO di jakarta, google cloud service, training ttg android dev, komunitas android dev, sedikit ga masalah, walaupun memiliki segunung pengalaman, yg penting relevan dan fokus.

Nah itu guys beberapa hal yang harus di perhatikan di era sekarang dalam menulis CV untuk keperluan lamaran pekerjaan, skill dan kemampuan boleh sama, berasal dari kampus yang sama, punya banyak prestasi dan pengalaman, masukin lamaran di perusahaan yang sama, yang akan membedakan di mata HRD adalah apa yang telah dikerjakan dg skill dan kemampuannya itu dan bagaiamana cara komunikasinya.

Segera cek kembali dokumen CV Anda, masih ada waktu kok untuk sedikit di improve. Semoga bermanfaat.

Reff : berdasarkan pengalaman pribadi di Perusahaan Mobile Apps Dev

About the Author

About the Author: Krida Pandu Gunata a.k.a pandu32 mulai mengenal dunia IT sejak tahun 2007. Belajar tentang Linux dan Open Source secara autodidak, dan sekarang fokus ke dunia Bisnis Mobile Apps Android dan iOS .

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top