Mobile Apps Consultant, Business Analyst, and Strategic Planner on Crocodic Studio – Jakarta – Semarang – PT. Taman Media Indonesia

Trend Januari 2016

By on December 21, 2015 in Mobile Apps, News, Trends with 0 Comments

 

online-to-app

Tidak terasa tahun 2015 sudah akan berakhir, berbagai macam fenomena fenomena yang terjadi sepanjang tahun 2015 begitu baik, baik dari sisi Pemerintahan, Politik, Dunia Bisnis, dan berbagai bidang yang lainnya, namun disini Penulis akan membahas trend yang kemungkinan akan berkembang pada awal tahun 2016.

Tidak bisa dipungkiri setiap bulan pasti punya trend nya masing-masing, khususnya dalam bidang teknologi dan lebih spesifik lagi dalam bidang mobile apps, misalkan pada bulan Agustus 2015 trend yang terjadi adalah Ecommerce, apapun jualannya semua orang berbondong-bondong membuat toko di dunia maya, bulan September 2015 trend sedikit bergeser ke dunia Tracking, ketika toko online sudah punya, kemudian orang akan berpikir bagaimana konsumennya bisa melacak barang yang telah dibeli, bulan Oktober 2015 trend bergeser lagi ke delivery order, ketika sudah memiliki toko online, sudah bisa tracking pesanan, maka orang akan mulai memikirkan bagaimana efisiensi biaya pengiriman dan lebih meningkatkan layanan untuk konsumen-konsumen terdekat dengan mulai mengarah ke delivery order. dan seterusnya.

Disini Penulis tidak akan membicarakan trend yang terjadi pada tahun 2015 secara mendetail, karena kita akan fokus ke trend yang mungkin akan terjadi pada Januari 2016.

Perkembangan toko online begitu pesat, hal ini mendominasi keseluruhan trend pada tahun 2015, dan hal ini Penulis prediksikan akan terus berlanjut sepanjang tahun 2016, tetapi tidak berkutat ke hal – hal mendasar seperti membuat toko online, memasarkan produk dg toko online, dan sebagainya, trendnya akan bergeser lebih jauh ke tahapan bagaimana mengembangkan toko online untuk menggapai konsumen lebih banyak.

Kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi pada Januari 2016 yaitu semua layanan toko online, baik toko online konvensional maupun toko online marketplace (cari tau perbedaan toko online biasa dengan toko online marketplace) akan mulai migrasi ke dunia mobile dengan membuat Mobile Apps untuk toko online mereka, hal ini didukung dengan penyebaran koneksi 4G yang mulai dilakukan banyak provider di akhir tahun 2015, didukung pula dengan jumlah pengguna perangkat mobile di indonesia juga terus mengalami peningkatan, oleh sebab itu mau tidak mau para pelaku bisnis khususnya pemilik toko online harus membuat mobile apps spesifik sesuai dengan brand identity mereka sendiri agar tidak kehilangan konsumen.

Dengan mobile apps jangkauan konsumen akan lebih lebar, lebih mendalam, karena tidak semua daerah di Indonesia bisa terjangkau oleh internet berbasis kabel, apalagi FO, jadi dengan membuat Mobile Apps bisa menjangkau konsumen – konsumen atau daerah – daerah yang tidak terjangkau oleh internet kabel.

Jadi pilihan tetap di tangan Anda, akan diam mati perlahan atau ikut bertarung dalam dunia Maya, tetap konsumen yang akan jadi jurinya.

Tags: , , , , , ,

About the Author

About the Author: Krida Pandu Gunata a.k.a pandu32 mulai mengenal dunia IT sejak tahun 2007. Belajar tentang Linux dan Open Source secara autodidak, dan sekarang fokus ke dunia Bisnis Mobile Apps Android dan iOS .

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Leave a Reply

Top