Mobile Apps Consultant, Business Analyst, and Strategic Planner on Crocodic Studio – Jakarta – Semarang – PT. Taman Media Indonesia

E-Xam, Saatnya Ujian berbasis Online

Pagi ini iseng – iseng mantau milis id-ubuntu dapet info mengenai E-Xam yang merupakan sebuah software Open Source untuk Ujian ataupun ulangan untuk para siswa SD, SMP, SMA maupun lembaga pendidikan non formal lainnya yang berbasis Internet atau Online, lebih lengkapnya simak keterangan dibawah ini yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

e-Xam adalah paket aplikasi yang ideal digunakan untuk pelaksanaan ujian berbasis komputer. e-Xam dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari ujian semester, tryout, hingga sertifikasi profesional. Hasil ujian dapat langsung diperoleh pada detik yang sama ketika ujian berakhir, dan dilengkapi dengan fasilitas feedback yang berguna bagi peserta ujian untuk mengetahui kelemahan mereka dalam mengikuti ujian.

e-Xam adalah sebuah paket aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan ujian berbasis komputer. e-Xam sendiri terdiri atas lima aplikasi dan sistem operasi yang saling terkait satu sama lain:

1. e-Xam Editor: aplikasi yang digunakan untuk menyusun soal.

2. e-Xam Client: aplikasi yang digunakan oleh siswa atau peserta ujian untuk mengikuti ujian.

3. e-Xam Manager: aplikasi yang digunakan untuk mengatur pelaksanaan ujian. e-Xam Manager didesain secara khusus untuk berjalan di atas e-Xam Server.

4. e-Xam Launcher: kustomisasi sistem operasi Linux yang didesain secara khusus untuk menjalankan e-Xam Client tanpa memerlukan instalasi ke

dalam sistem operasi atau media penyimpanan data permanen seperti harddisk.

5. e-Xam Server: kustomisasi sistem operasi Linux yang didesain secara khusus untuk berfungsi sebagai induk pengelola seluruh kegiatan pelaksanaan ujian.

e-Xam Server dapat dijalankan secara live melalui flashdisk atau diinstall ke dalam harddrive komputer server. Desain arsitektur e-Xam juga sangat mendukung penerapan teknologi thin client, dimana komputer yang akan digunakan untuk melaksanakan ujian hanya perlu dibekali dengan alat input-output standar (mouse, keyboard, monitor), RAM berkapasitas kecil (min 128 MiB), koneksi LAN, dan media booting (CDROM atau USB Flashdisk) tanpa memerlukan sistem operasi atau bahkan harddrive sama sekali.

Dengan antarmuka yang user friendly dan dukungan thin client menjadikan e-Xam sangat tepat untuk digunakan pada berbagai kondisi laboratorium komputer maupun laptop pribadi peserta ujian. Editor soal ujian WYSIWYG yang handal, portabel, dan user friendly memudahkan para guru atau instruktur dalam menyusun soal ujian di mana saja dan kapan saja. Pengaturan pelaksanaan ujian yang dilakukan melalui aplikasi web yang terintegrasi, menciptakan fleksibilitas dalam mengatur dan mengelola pelaksanaan dan hasil ujian.

SUMBER : Milis ID-UBUNTU dan e-Xam

Tags: , , ,

About the Author

About the Author: Krida Pandu Gunata a.k.a pandu32 mulai mengenal dunia IT sejak tahun 2007. Belajar tentang Linux dan Open Source secara autodidak, dan sekarang fokus ke dunia Bisnis Mobile Apps Android dan iOS .

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

There Are 15 Brilliant Comments

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Aim says:

    Wah, joss gandos ada software koyo ngene.
    Ujian pun bisa via online.. 😀

    *mumpung iso komentar*

    Hahahaha

  2. David Usman says:

    wah, info yang bermanfaat bro.. salam kenal

  3. ahfa says:

    maaf ni bang saya baru tahu informasi ini saya udah download semua tentang e-xam bahkan sistemnya sudah berjalan tapi ada masalah pada koneksi selalu tidak terhubung saat mencoba untuk menyambungkan dari client ke sever mohon bantuannya bang

    • pandu32 says:

      Pastikan settingan LANnya sudah benar, silahkan di cek kembali merunut ke settingan LAN (IP Adds, DNS, dll)

  4. basuki says:

    mas pandu, caranya biar gak versi demo gmn?

  5. basuki says:

    loeh katanya gratis??

  6. Assalamu’alaikum… saya lagi nyari2 tentang tes online nemu blog ini… Saya ingin tanya… apakah distro a-xam ini msh ‘disurusi’ pemiliknya… karena seolah2 koq ditinggal yang punya rumah, saya registrasi tp tdk pernah ditanggapi… Kalaupun emang ada syarat donasi koq tidak ada permintaan gitu.. Satu lagi, mas pandu pernah pakai e-xam ini blm? mksd saya yg versi full…. mohon pencerahannya… terima kasih sebelumnya…

  7. Budi priyono says:

    Saya juga mengalami hal yang sama untuk mendapatkan versi yang full bagaimana caranta, kalo bayar ke siapa? saya sering aktivasi nggak pernah ada jawaban/ tanggapan padahal sangat saya butuhkan di sekolah kami mohon bantuannya untuk mendapatkan e-xam tersebut terima kasih mas pandu

Leave a Reply

Top